GPM Fasilitasi Simulasi ke-2 AL S3 Dikdas di FIP UNESA
Dokumentasi Kegiatan GPM Fasilitasi Simulasi ke-2 AL S3 Dikdas di FIP UNESA
Selasa, 22 Oktober 2024, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar simulasi kedua untuk Akreditasi Luar (AL) Program Studi S3 Pendidikan Dasar (Dikdas) yang bertempat di Ruang Sidang Lantai 1. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung hingga selesai, dengan tujuan untuk mempersiapkan prodi S3 Dikdas dalam menghadapi proses akreditasi secara optimal.
Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Dekan FIP UNESA, Wakil Dekan 1 dan 2 FIP UNESA, Direktur Badan Penjaminan Mutu (BPM) bersama Tim Akreditasi Nasional (Akrenas), Korprodi S3 Dikdas, Tim Task Force S3 Dikdas, Tim GPM FIP, dan mahasiswa.
Simulasi ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FIP UNESA yang menekankan pentingnya persiapan menyeluruh dalam menghadapi akreditasi untuk mencapai hasil yang maksimal. Beliau juga menyampaikan harapan bahwa seluruh pihak terkait dapat bekerja sama dengan baik agar akreditasi dapat berjalan lancar.
Salah satu fokus utama dalam simulasi ini adalah masukan dari Direktur BPM terkait beberapa aspek penting dalam persiapan akreditasi. Beberapa poin utama yang disampaikan antara lain:
- Visi dan Misi UPPS: Perlu disiapkan strategi jangka panjang (5 tahun) untuk mencapai visi dan misi FIP. Strategi ini harus sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) dan disusun dalam bentuk yang siap saji dan mudah diakses.
- Penggunaan Teknologi: Direkomendasikan agar seluruh peserta masuk ke dalam rapat Zoom untuk simulasi dan presentasi, serta menyiapkan dua jenis PPT, yakni untuk paparan umum dan untuk menjawab pertanyaan dengan data pendukung seperti jumlah mahasiswa, prestasi FIP, jumlah jurnal terindeks, dan prestasi lainnya.
- Persiapan Administrasi dan Kinerja: Dekanat diminta untuk mempersiapkan laporan kinerja lengkap dan presentasi dengan Tim Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip). Laporan audit capaian kinerja pimpinan juga harus diunggah, serta menyiapkan sambutan dari rektor.
- Program dan Strategi S3 Dikdas: Disarankan agar Prodi S3 Dikdas memiliki strategi yang mendukung kemudahan bagi mahasiswa penyandang disabilitas, sejalan dengan visi keilmuan kewirausahaan. Analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan evaluasi visi, misi, tujuan, dan sasaran (VMTS) juga harus dijelaskan secara rinci.
- Pendanaan Penelitian: Dijelaskan bahwa 10% pendanaan penelitian harus dirinci, dengan bukti konkret yang menunjukkan sumber dana dan peruntukannya. Tim juga diminta menyiapkan pertanyaan terkait payung penelitian dan laporan audit lengkap dari GPM setiap tahun.
Simulasi ini berperan penting dalam memastikan kesiapan Prodi S3 Dikdas dalam proses akreditasi. Dengan dukungan penuh dari seluruh pihak yang terlibat, diharapkan Prodi S3 Dikdas FIP UNESA mampu meraih hasil akreditasi yang optimal dan terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan dasar di Indonesia.
Tim WEB GPM FIP UNESA